Monday, March 10, 2014

Sikap Muslim terhadap Musibah

Beberapa hari belakangan, sering kali kita mendengar kabar duka dari saudara-saudara kita di tanah air, khususnya. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un...
Musibah-musibah yang datang silih berganti, perlu kita renungkan. Kita harus dapat mengambil pelajaran.

Mengapa Allah menguji kita?
"Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan." (QS Al Anbiya/21:35)
Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa Allah memberikan ujian untuk mengetahui siapa yang syukur atau yang ingkar dan siapa yang sabar atay putus asa. Maka sudah menjadi sunnatullah bahwa setiap manusia itu tidak ada yang luput dari cobaa, kesusahan atau kesenangan.

Dalam sebuah hadits riwayat Muslim, Rasulullah bersabda, " Sungguh mengagumkan urusan seorang mukmin. Sesungguhnya setiap urusan adalah baik. Jika mendapat kesenangan, ia bersyukur. Jika ia mendapat bagaimana sikap kita yang seharusnya apabila menghadapi suatu musibah?

Sikap dalam menghadapi musibah, ada 3 :
1. Sabar
2. Ridho
3. Bersyukur

1. Sabar
Sabar adalah batas minimal menghadapi musibah. Tidak ada pilihan lain kecuali Bersabar. Tidak ada yang lebih rendah daripada Sabar. Setelah itu kemudian Ridho dan kemudian Bersyukur.
Sabar itu menahan gejolak di dalam diri kita untuk melakukan hal-hal yang melanggar syariat Allah.

Mari kita lihat Surat Al-baqarah ayat 155 dan 156

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun".

Sesungguhnya kesabaran itu terletak pada detik pertama (pukulan pertama) ketika mendapat ujian. Harus Sabar tidak ada pilihan karena jika tidak bersabar maka akan mendatangkan dosa.

2. Ridho
Barang siapa yg ridho maka dia akan mendapat ridho Allah. Tidak mau yang lain karena dia yakin kepada Allah. Yang kecewa maka dia akan mendapat murka Allah.

Orang yang Ridho ia tidak mau kecuali apa yang telah Allah takdirkan untuknya. Jika sudah sampai tahap ini maka hidup akan lebih tenang.

3. Syukur
Syukur adalah tingkatan tertinggi ketika menghadapi suatu musibah.
Jika ditimpa suatu musibah ucapkanlah Alhamdulillah ala kulli hal.

Bisa dilihat pada Surat Ibrahim ayat 7 :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".


Kabar gembira buat mereka yang sabar dalam musibah Q.S Al Baqarah : 155
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah2an. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

No comments:

Post a Comment